Berbagi lebih Sulit daripada Memberi

Saya punya seorang teman yang baik, sangat baik untuk ukuran orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Dia begitu perhatian, banyak membantu, banyak “memberi”. Terkesan oleh perilakunya yang demikian itu, saya mengajaknya untuk berserikat, bekerjasama.

Semula, segalanya berjalan lancar dan mengesankan. Ya, katakanlah, kita berbulan madu. Dalam masa-masa itu, saya semakin tertarik, dan yakin bahwa hubungan kerja ini akan menjadi lebih baik dan tumbuh besar.

Hanya saja, selang beberapa tahun kemudian, semua mulai berubah. Saya bertanya-tanya: Gerangan apa yang terjadi? Saya jadi berpikir–seperti mungkin kebanyakan istri setelah beberapa tahun menikah–hubungan ini tampaknya mulai kehilangan chemistry.

Tapi, mengapa? Apa yang menyebabkan semua ini terjadi?

Saya tdk bisa menemukan jawaban lain kecuali bahwa teman saya itu memang tipe manusia yang tidak bisa berbagi, sekalipun mungkin dia sangat mudah–dan berkali-kali saya saksikan sendiri–memberi.

Kejadian ini membawa saya untuk membuat kesimpulan bahwa manusia itu lebih mudah memberi daripada berbagi. Salah satu alasannya: Anda bisa memberi barang jelek, tapi Anda jelas tdk ingin berbagi barang jelek. Alasan lain: Anda tdk harus memberi terus-menerus, tapi pasti Anda akan terus berbagi–terutama dengan mitra hidup (suami/istri) atau rekan kerja . Alasan paling penting, berbagi itu menuntut sifat adil dalam diri seseorang, sedangkan memberi hanya menuntut sifat kasihan atau kasih sayang. Semua binatang bisa memiliki kasih sayang, tapi hanya manusia yang bisa memiliki sifat adil.

One thought on “Berbagi lebih Sulit daripada Memberi

  1. saya semakin yakin … sulitnya mencari orang yg bisa berbagi …
    ternyata orang yg baik belum tentu bisa berbagi lhoooo..🙂

    Iya…berbagi jauh lebih berat daripada memberi.

Leave a Reply

