Pijar di bawah Piramida

23 Desember 2006. Pagi yang menyenangkan. Ruangan University Center UGM penuh sesak oleh para pemuda yang penuh harapan, di tengah-tengah keadaan bangsa yang sedang muram durja.

Itulah salah satu peristiwa mendebarkan hatiku. Sejumlah besar pemuda memenuhi ruangan untuk mengikuti jalannya acara sebuah seminar, tentang upaya mentas dari kebiadaban dan membangun peradaban.

Di sampingku, duduk seorang remaja berwajah riang, berbisik ke teman di sebelahnya: “Mengapa orang-orang tua yang duduk di depan selalu saja berputus asa?” Temannya menjawab dengan bernas: “Karena merekalah yang seharusnya berputus asa, sedangkan kita harus terus penuh harapan. Kita kan belum melakukan apa2, sementara mereka sudah mati langkah. Itulah sebabnya mereka selalu berbicara dalam nada yang pesimistis.”

Aih, diskusi singkat antara dua sahabat itu menghenyakkan kesadaran terdalamku. Bila memang generasi pemimpin bangsa saat ini mau keluar dari krisis yang ada, mereka harus lebih banyak belajar dari generasi muda yang menjadi penerus mereka. Anjuran ini agaknya persis seperti kata sebagian psikolog tentang keharusan orangtua untuk lebih banyak belajar dari anak2 mereka, ketimbang mengajari atau menggurui mereka.

3 thoughts on “Pijar di bawah Piramida

  1. Abdullah Hasan Alhabsyi says:

    Pada persoalan yang tidak selesai satu putar-lapangan, kehidupan adalah estafet. Bila satu generasi kehabisan napas, kerja mesti diselesaikan generasi yang baru. Demikian seterusnya.

    Pesan dari generasi sebelumnya belum tentu cuma urusan guru-menggurui. Bila bisa mendengar dengan cermat, pesan itu bisa menghindari kesalahan yang terus berulang.

    Salam,
    AH

  2. MK says:

    Akuuur! Perlu keberanian generasi lama lengser, dan keberanian generasi baru mengambil alih. Dan kalau ada tindak pengambilalihan oleh generasi muda, jangan sampai muncul anggapan: tdk sopan, ambisius, arogan, dan sebagainya.

  3. Hihi … tapi orang tua yang duduk di sebelahku berapi-api semangat na tuh😉

    ku juga di sana tanggal 23 Desember 2007 ….
    event tak terlupakan yang merubah hidupku!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s