Interpelasi: Obat Kuat Akal Sehat

Beberapa waktu lalu, kita menyaksikan kegigihan para anggota DPR RI mengajukan hak interpelasi untuk bertanya kepada SBY seputar keputusan bawahannya menyetujui resolusi 1704 yang memberikan sanksi lanjutan atas Iran. Namun, belakangan, para anggota dewan bak itik tak bertaji. Mereka kehilangan suara untuk berteriak. Sebelum kesenyapan ini, muncul suatu pengarahan opini yang konstan di media massa bahwa urusan Iran terlalu juah dengan kehidupan sehari-hari kita. Urusan ini tdk berkaitan dengan perut, isi perut dan bawah perut rakyat Indonesia. Jadi, peduli setan dengan Iran.

Ajakan ini semula tampak masuk akal. Memang, mengapa pula kita ikut-ikut ribut dengan urusan bangsa Iran yang jarak mereka sekitar 7400 km dari Bumi Pertiwi. Tapi, coba renungkan baik-baik. Kita akan menemukan ajakan ini seirama dengan ajakn para elit Orde Baru dulu yang meminta para mahasiswa kembali mengunyak bangku sekolah, kembali ke kampus dan sebagainya.

Lebih dari itu, ajakan ini mengandung penghinaan terhadap hati nurani. Saat hati kita terusik dengan ketidakadilan dan penindasan, tiba-tiba ada orang yang mengajak kita untuk semata-mata menjadi binatang dan mengurusi sektor biologis kehidupan kita.

Mungkin orang2 seperti ini tdk sepenuhnya sadar bahwa kebutuhan kita sebagai manusia bukan cuma menghilangkan rasa lapar dan haus, bersetubuh dengan lawan jenis dan sebagainya, tapi yang jauh lebih penting adalah memenuhi rasa keadilan, bersikap setiakawan dan sebagainya. Saya yakin bahwa sebagian besar rakyat Indonesia akan mengabaikan ajakan busuk para elit politik yang cenderung egoistis ini. Karena rakyat sepenuhnya paham bahwa elit itu juga tdk pernah memedulikan urusan mereka atau kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s