Kritik Pedas untuk BBC

 200px-rudaki-panjakent.jpg

Dalam situsnya, PressTV, jaringan televise Iran yang pada umumnya dikelola oleh wartawan Inggris kemarin menyatakan kritik tajam dan protes kerasnya atas berita BBC Londong menyangkut sejarah Iran. Menurut PressTV, BBC telah dengan sengaja mendistorsi sejarah Iran untuk memancing di air keruh.


Dalam laporan beritanya yang berjudul ‘Tajik capital’s last Lenin plea’ yang terbit di situs BBC pada 9 November 2007, BBC menyatakan bahwa Penyair Persian abad 9 yang bernama Rudaki adalah orang berkebangsaan ‘Tajik’.
Padahal, masih menurut Editorian PressTV, BBC mengetahui atau seharusnya mengetahui bahwa Rudaki sesungguhnya adalah berkebangsaan Irani (bukan Tajik) berdasarkan banyak sumber terpercaya seperti ‘Encyclopedia Britannica’ sendiri. Bahkan, ‘Britannica’ telah mengonfirmasi bahwa Rudaki adalah “Bapak Puisi Persia” dan penyair pertama Iran yang menggubah sajak-sajaknya dalam “Bahasa Persia Baru” dalam alfabet Arab.
Rudaki lahir pada 859 Masehi, di
kota Rudak, wilayah Khorasan, Iran. Sebagai penyanyi dan instrumentalis berbakat, Rudaki lantas melayani Raja Samanid yang bernama Nasr II (914-943) di istananya di Bukhara. Pada tahun 937. Rudaki meninggalkan istana dan hidup dalam kemiskinan yang mencekik.
Sekitar 100,000 kuplet dianggap sebagai hasil gubahan Rudaki. Tapi dari karya sebanyak itu ternyata kurang dari 1,000 kuplet yang tersimpan, itupun berserakan dalam berbagai antologi dan karangan biografi. Di
kota kelahirannya, penyair Era Baru Persia ini akhirnya tutup usia antara tahun 940/941.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s