Obsesi Melawan Obesitas

obesity_picture_small.jpg

 

The Guardian, koran terbitan Inggris, menyebutkan bahwa Departmen Anak, Sekolah dan Keluarga (Department for Children, Schools and Families) Inggris sedang menggalakkan sekolah memasak untuk anak-anak usia 11-14 tahun. Mulai September tahun ini, 85% sekolah anak-anak akan mengajarkan cara memasak dengan menu sehat untuk menghindari laju anak yang terserang (penyakit) obesitas.

Ed Balls, sekretaris di sebuah sekolah Inggris, meminta publik membantu sekolah dalam menyiapkan menu klasik dan masakan internasional yang sehat untuk menjadi pelajaran wajib siswa. Asosiasi Guru Profesional (The Professional Association of Teachers) menyambut gagasan mengajarkan cara memasak untuk anak usia 11 sampai 14, sekalipun mereka masih bingung pada dampak pengajaran ini pada kurikulum pendidikan secara menyeluruh.

Kalau melihat trend program televisi di Indonesia, yang saat ini telah dipenuhi dengan beragam acara kuliner, mulai dari yang layak tonton sampai yang kejar tayang, sepertinya tidak lama lagi kita perlu kurikulum seperti ini. Meski obesitas itu lebih menjadi masalah buat kalangan yang berduit ketimbang kebanyakan orang Indonesia yang berada di garis kemiskinan, tapi serbuan tayangan kuliner pelan-pelan akan menjadikan kita bangsa yang terjangkiti obesitas dengan gizi rendah.

Oh ya, trend gila lain yang belakangan saya lihat di Indonesia adalah membuat menu makanan dengan nama yang sangat jelek: nasi goreng setan, nasi goreng gila, mblenger burger, martabak muntaber, dll. Ini juga perlu diwaspadai:-)

sego-bakar-nasi-setan1-preview1.jpg

 

 

One thought on “Obsesi Melawan Obesitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s