Hidup 800 tahun atau lebih, Mau?

umur-panjang.jpg

Sebuah organisme yang mengalami rekayasa genetik bisa hidup 10 kali lebih lama dari biasanya telah ditemukan oleh para ilmuwan di California. Ini adalah pemanjangan usia paling lama yang dicapai oleh para peneliti yang menyelidiki sifat penuaan. Jika temuan ini bisa diterapkan pada manusia, maka ada peluang suatu saat kita melihat orang yang hidup 800 tahun.

Valter Longo adalah salah satu pakar gerontologi (ilmu penuaan) dari sekelompok pakar yang percaya bahwa pencapaian usia manusia 10 kali lebih panjang daripada biasanya bisa terwujud. Longo mengedarkan temuannya di Universitas Southern California tentang terjadinya pemanjangan usia ragi sampai 10 pekan atau lebih panjang dari yang biasanya berusia maksimum satu pekan.

Cara yang dipakai Longo ialah dengan membuang dua gen dalam genome ragi dan meletakkan ragi itu pada diet pengetatan kalori. Dengan begitu Longo berhasil memperpanjang usia ragi ini sampai sepuluh kali lipar. Hasil kajian dan temuan Longo akan dipublikasikan di jurnal Public Library of Science Genetics minggu depan.

Tentu ada perbedaan antara sel-sel ragi dan manusia, tapi hal itu tidak membuat gentar Longo dan rekan-rekannya. “Kita sedang merancang dasar untuk memprogram ulang kehidupan hidup sehat. Jika kita bisa menemukan bagaimana pola usia panjang bekerja, berarti kita bisa menerapkan metode ini pada semua sel dalam semua organisme hidup,” papar Longo.

Selanjutnya Longo menegaskan, “Kita masih sangat, sangat jauh untuk bisa membuat orang hidup 800 tahun. Tapi saya kira tidak terlalu sulit untuk mencapai usia 120 tahun dan sehat. Suatu saat tidak ada batas usia manusia.”

Kalau kita merujuk pada al-Qur’an, masa dakwah Nabi Nuh saja sudah 950 tahun (QS 29: 14). Ini belum total umurnya. Lalu, Ashabul Kahfi tidur dalam keadaan hidup di gua selama 309 tahun (QS 18: 25). Ini juga belum termasuk total umur mereka. Nah, apa sekarang masih ada orang yang mencibir keyakinan bahwa Imam Mahdi telah hidup ratusan tahun?

Untungnya para pencibir itu memang kurang akal dan kurang mampu berimajinasi, jadi ya kita cukup duduk manis dan santai-santai aja.

6 thoughts on “Hidup 800 tahun atau lebih, Mau?

  1. Mushadiq Ali says:

    yang suka bercibir-cibir itu, disamping otak kirinya macet, sudah pasti otak kanannya gak jalan juga. perlu dikasih oli, tuh!

  2. denjaka syiah says:

    ana sekarang sedang coba ustadz!
    yah tapi tidak melalui biokimia, tapi amalan. dan kayaknya manjur. kenapa saya katakan manjur, karena ada pengalaman mistiknya.
    Saya pernah membaca salah satu buku syiah. Dalam buku itu disebutkan: Aba Abdillah as bersabda: “Orang yang membaca surat Al-Isra tiap kamis malam, tidak akan mati sampai kebangkitan Al-Qaim as dan menjadi pengikutnya”. Setelah membaca itu saya mulai mempraktekkannya. Hal ini sudah saya lakukan sekitar 1,5 tahun. Pada awalnya terasa berat, lama2 tidak. Nah pada suatu ketika setelah berjalan tiga bulan, ada ikhwan teman saya berkata kepada saya, bahwa ia tadi malam bermimpi bahwa saya meninggal dunia. Kemudian saya berusaha untuk mencari makna tafsir mimpi itu. Belum saya berusaha mencari buku tafsir mimpinya imam Ja’far, teman saya sayyid Salim datang, iseng2 saya tanyakan makna mimpi saya. Kemudian oleh beliau disebutkan bahwa mimpi itu bermakna bahwa saya akan hidup panjang. Karena penasaran, amalan itu akhirnya saya cobakan pada ibu saya, tanpa saya beritahu apa manfaatnya (kalau saya beritahu, bisa jadi malah tidak dia amalkan). Alhamdulillah beliau bisa istiqomah menjalankannya. Kemudian setelah berjalan tiga bulan, akhirnya saya bermimpi juga (saya sendiri yang bermimpi) bahwa dalam mimpi itu ibu saya meninggal dunia. Bahkan sekarang kesehatannya makin membaik secara drastis dalam usia 64 tahun. Padahal sebelum convert di ahlul bayt, ibu saya sudah hampir meninggal, karena berbagai gangguan organ dalam. O iya sebelum membaca amalan itu, beliau rutin doa ziarah imam Mahdi as, saat puncak penurunan kesehatannya.

  3. musakazhim says:

    Menarik. Jika sains yang memiliki keterbatasan alat dan cakupan saja bisa menemukan “resep” memperpanjang umur, apalagi ilmu agama yang tidak memiliki keterbatasan semacam itu. Ini pandangan saya.

  4. uwaa . . . 800 tahunn lagii ???
    bsaa ketemu ama doraemon n nobita doong ??
    heuheu . .

    tapii 80 th ajaa dosa uda numpuk sgunung ,,
    800 taon dossa nya numpukk sebrapa yahh ???
    :0

    jadi ada mountains of sin . . hahahaqs pegunungan dosaa .. jumlahnya 10 mountain , ,
    wkwkwk . .

    tiap gunung ngewakilin 80 taonn . .
    wkwkwk . .😀

Leave a Reply

