Hah! Kepala Uskup Inggris Minta Penerapan Syariah

rowanwilliams.jpg

Banyak politisi Inggris kini membincangkan wacana Kepala Uskup Canterbury, Inggris, Dr Rowan Williams. Dia yang percaya bahwa penerapan hukum Syariah di Inggris adalah sesuatu yang “tidak terelakkan”.

Jubir PM Inggris, Gordon Brown, menyatakan bahwa Brown masih yakin bahwa “hukum Inggris harus tetap berdasarkan nilai-nilai Inggris”.

Kepercayaan Dr Rowan Williams bahwa Inggris harus menerapkan sistem hukum Syariah karena semakin banyaknya warga negara yang tidak mengikuti sistem hukum Inggris yang berlaku sekarang. Dia menyebutkan bahwa mengadopsi sejumlah bagian dari hukum Syariah Islam akan membantu kohesi sosial di tengah masyarakat. Misalnya, kaum Muslim bisa memilih untuk menyelesaikan sengketa perkawinan atau perkara-perkara perdata lain di peradilan Syariah.

Dr Williams kemudian menuturkan bahwa kaum Muslim tidak harus memilih antara dua alternatif kaku antara “kesetiaan pada budaya atau kesetiaan pada negara”. Dalam wawancara dengan koresponden BBC Christopher Landau, Dr Williams berdalil bahwa semua ini tentu dimulai dengan pemahaman yang lebih baik tentang hukum Syariah.

Di akhir wawancara itu, Dr Williams menyatakan bahwa hukum Syariah yang bisa diterapkan di Inggris tentu saja harus mengalami modifikasi. Tidak boleh ada kekasaran atau hukum mati.

Siap, Pak Uskup.

One thought on “Hah! Kepala Uskup Inggris Minta Penerapan Syariah

  1. Ema Rachman says:

    Kebenaran & Keadilan hanya ada satu, dimanapun itu tetap satu dan akan selalu bermuara padaNYA…..al Haq ma Ali wa Ali mal Haq!!! Shalawat ala Muhammad wa aali Muhammad……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s