Dahsyat! Iran Temukan Teknologi Centrifuge Paling Mutakhir

Kepala pengawas nuklir PBB, Mohamed ElBaradei, dua pekan lalu telah mengunjungi generasi baru dari teknologi centrafuge milik Iran, kata sejumlah diplomat Barat. Menurut ElBaradei, generasi baru centrafuge Iran itu memungkinkan Iran untuk memproduksi uranium yang telah diperkaya dalam laju yang lebih cepat dan dalam skala yang lebih besar. The Associated Press menukil dari sejumlah diplomat International Atomic Energy Agency (IAEA) di Wina bahwa Tehran telah berhasil menguji coba beberapa centrifuge IR-2 (generasi paling mutakhir dalam teknologi pengayaan uranium). Seorang pakar Barat menyatakan pada Reuters bahwa kepala IAEA Mohamed ElBaradei akan mengulas lebih jauh dalam laporannya bulan depan tentang perkembangan cepat Iran ini. Kemajuan ini menyebabkan ElBaradei memutuskan untuk menendang bola nuklir Iran ke Dewan Keamanan PBB. Keputusan ini karena Iran tidak mungkin lagi mundur dari perkembangan yang sudah ada. Apalagi dalam kunjungan terakhirnya ke Iran, ElBaradei telah mendapatkan jawaban semua pertanyaan yang diajukan kepad Tehran. Keputusan ElBaradei untuk mengakhiri isu nuklir Iran secara teknis mendapat tentangan dari staf bidang teknis di IAEA. AFP mengutip kegusaran seorang diplomat Barat yang bekerja di lingkungan IAEA hari Senin kemarin. Ketidaksetujuan ini boleh jadi akan menghambat penuntasan laporan ElBaradei yang sedianya kelar akhir Februar ini.

9 thoughts on “Dahsyat! Iran Temukan Teknologi Centrifuge Paling Mutakhir

  1. denjaka syiah says:

    Ass Bib. berita yang sangat menggembirakan. Tapi sementara ini ana buta sama sekali mengenai nuklir. Yang ana tahu pasti bahwa iran jelas tidak mungkin membuat bom nuklir. Nuklir Iran bertujuan damai. nah yang menjadi pertanyaan dan rasa penasaran saya sampai sekarang, adalah sudahkah Iran menjalankan PLTN itu? Apakah PLTN belum bisa berfungsi sebelum pengayaan dan pemasangan sentrifugal itu (berarti sekarang belum kaya penuh maka listrik belum beroperasi, maka Iran belum punya PLTN?) Apakah selama Amerika dan Israel menghalangi pengayaan uranium itu maka berarti Iran belum memiliki PLTN? mohon pencerahan Bib.

  2. MEMANGNYA HANYA BARAT YG BISA MAJU ..SEMUA PUNYA HAQ UNTK TAMPIL..YG PENTING TANGGUNGJAWAB & BERGUNA BG UMMAT INI..LBH DARI ITU JANGAN SOMBONG DG apa yg kita diamanahi tapi manfaatkan demi ke baikan umat manusia dan kejayaanya

  3. Rangga soekmadjaya says:

    sipp
    mau bikin nuklir secanggih apapun klo tdk ada manfaat utk apa?
    kekuatan terbesar bukan dari senjata bongkahan besi belaka,tapi itu ada di balik dada manusia & pikirannya!!!
    insa Alloh….bi’iznillah

  4. LANJUTKAN IRAN UTK MELAKUKAN RISET TENTANG TEKNOLOGI NUKLIR, ABAIKAN ITU ANCAMAN PARA KOLONIALIS/IMPERIALIS ZIONIS/AMERIKA DAN NEGARA2 BARAT EX PARA PENJAJAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s