Syahidnya Maestro Militer Hizbullah

emadmughniya.jpg

Syahid Emad Fayiz Mughiyah (46) atau lebih dikenal dengan nama panggilan Haj Ridhwan adalah otak di balik berbagai operasi militer kelompok perlawanan Lebanon dan Palestina yang paling spektakuler sejak tahun 1984, saat beliau masih berusia 25 tahun. Kecerdasan taktik dan strategi militernya mampu mengobrak-abrik sistem keamanan zionis Israel di Lebanon Selatan. Masa perjuangannya yang gemilang telah menjadikannya salah satu pahlawan legendaris di kalangan pimpinan militer Hizbullah.

Sesaat setelah peristiwa 11 September, Amerika Serikat dan CIA memasukkan Emad Mughiyah sebagai buronan nomor wahid. CIA dan FBI menjanjikan hadiah 25 juta dolar AS bagi siapa saja yang mampu memberikan informasi akan keberadaannya. Menurut banyak pakar di Timur Tengah, kesyahidan Emad dalam aksi bom mobil di Damaskus Selasa (12 Februari) kemarin akan memberi dampak yang terbalik. Alih-alih melemahkan jaringan Hizbullah, kesyahidan Emad justru secara langsung memberi dampak positif. Hiruk-pikuk politik di Lebanon menjelang peringatan kematian Rafik Hariri yang diusung oleh kelompok 14 Februari pro-Barat pada Kamis besok tentunya akan mengalami masalah. Karena, besok juga Hizbullah dan semua pendudung perlawanan Lebanon mengadakan perayaan penguburan Emad di seantero Lebanon.

Dalam masa perjuangannya yang panjang, Emad Mughniya dianggap bertanggungjawab atas aksi-aksi paling spektakuler di Timur Tengah. Antara lain:

  1. Peledakan markaz militer Perancis tahun 1982 yang menyebabkan tewasnya tidak kurang dari 58 militer
  2. Peledakan Kedutaan Besar AS di Beirut yang menewaskan 63 orang AS tahun 1983
  3. Peledakan markaz marinir AS di Beirut yang menewaskan 241 marinir
  4. Sejumlah penculikan tentara Israel untuk ditukar dengan para tawanan Hizbullah

Sejumlah sumber meyakini bahwa Emad telah beberapa kali menjalani operasi plastik untuk mengubah tampangnya. Terakhir kali dia melakukannya adalah pada tahun 1997. Banyak kalangan, pemerintah maupun non-pemerintah di Arab, yang mengecam aksi pengecut Israel di balik kesyahidan Emad Mughniya.

Jubir Menlu Iran mengecam aksi biadab ini dan menganggapnya sebagai bentuk teror negara Israel yang paling nyata. Hizbullah telah mengeluarkan pernyataan yang menyambut kesyahidan Emad sebagai imbalan atas segala perjuangan dan pengorbanannya di satu sisi, tapi di sisi lain mengancam akan memberikan balasan keras dan mengejutkan atas kebiadaban dan kepengecutan ini. Pimpinan Hamas, melalui jubirnya Sami Abu Zuhri, menyatakan bahwa aksi biadab ini tidak akan dibiarkan begitu saja. Israel akan menerima balasannya. Hamas berjanji akan menjadikan momentum ini sebagai penambah energi perlawanan dan membuktikan bahwa Israel tidak layak menerima perdamaian. Nada yang sama juga disampaikan oleh Jubir Gerakan Jihad Islami di Palestina dan Lebanon.

Hampir semua tokoh Lebanon, mulai PM Siniora, Ketua Parlemen Nabih Berri, ulama intelektual Husein Fadhlallah sampai pimpinan fraksi politik di Lebanon, Palestina dan Suriah mengecam pembunuhan ini. Mereka bersepakat untuk merapatkan barisan dan membalas aksi keji ini pada waktu dan yang mereka akan tentukan sendiri.

Selamat tinggal Haj Ridhwan, namamu takkan lekang oleh waktu. Darahmu akan menghidupkan umat yang terkubur mati dalam tanah kehinaan, ketundukan dan kekalahan.

Advertisements

3 thoughts on “Syahidnya Maestro Militer Hizbullah

  1. damartriadi says:

    “Janganlah kalian mengira mereka yang gugur di jalan Allah itu mati, sebaliknya mereka hidup dan senantiasa menerima karunia dari Tuhan.” (Al-Qur’an)
    Selamat jalan wahai pejuang, sampaikan salam rindu kami kepada Abu Abdillah Husain AS…..

  2. coky says:

    kematian yg sahid bagi pejuang adalah kehormatan, perjuangan tidak akan berhenti walaupun kematian datang menjemput. ‘innilillahi wa innaillaihi rojiun’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s