Syarat Kemajuan Bangsa: Embargo dan Musuh

Apakah syarat-syarat kemajuan bangsa? Sangat banyak, tentunya. Tapi, ironisnya, di antara sekian syarat itu adalah tekanan, embargo, blokade dan permusuhan dengan superpower.

Hampir semua pakar Iran menyatakan bahwa tekanan dan embargo Barat atas Iran telah menyebabkan Iran hari ini, 29 tahun setelah revolusi spektakuler itu, menjadi mandiri hampir di semua bidang. Kemandirian terutama berkembang pesat di bidang yang memang sejak semula diembargo total: teknologi militer!

Tapi, apa kita harus punya musuh? Jelas tidak! Gila orang yang mau punya musuh. Dan memangnya siapa di dunia ini yang mau punya musuh?! Tapi, kita harus bermoral, berani dan tegas, sehingga musuh kita adalah orang yang tidak bermoral, penjahat dan perusak.

Bangsa Iran termasuk bangsa yang minimal memiliki pemimpin yang bermoral, berani dan tegas, sehingga AS dan Barat tidak tahan. Tapi pelan-pelan kekuatan kecil dan terpencil ini menjadi bahan perhitungan Gedung Putih, Pentagon, dan hampir semua markaz militer dan strategis Barat.

simulator.jpg

Simulator pesawat tempur
Mayjen Ataollah Salehi menyatakan bahwa Iran telah berhasil mengembangkan simulator penerbangan pesawat tempur yang sepenuhnya produk dalam negeri. Simulator yang diluncurkan Sabtu (9/02/2008) kemarin menyediakan berbagai skenario bagi para pilot untuk bermanuver di segala kondisi cuaca, menembak sasaran dan melakukan operasi darurat.

Mayjen Ataollah Salehi menambahkan, “Simulator ini akan mengurangi bahaya para pilot dalam latihan dan menurunkan secara dramatis biaya latihan itu sendiri.” Produksi simolator ini adalah satu-satunya di Timur Tengah.

helikopter.jpg

Helikopter

Pasukan Garda Revolusi Islam telah mengembangkan terobosan dalam armada tempur udaranya. Di antaranya adalah helikopter buatan dalam negeri yang setara dengan pesawat tempur paling canggih di dunia dalam hal kecepatan, peluncur roket, sistem radar, kemampuan manuver tingkat tinggi dan kemampuan mengangkut alat-alat pendukung lain.

Para pakar aviasi Iran menyatakan adanya rencana untuk meneruskan keswadayaan militer negara, termasuk pengembangan pesawat fixed-wing yang murah tapi sesuai standar paling modern.

radar.jpg

Sistem Elektro-optikal

Produk militer lain yang paling mengejutkan selama pameran menyambut ultah Revolusi Islam ialah sistem pengawasan elektro-optik. Alat dapat menggantikan fungsi radar di jarak yang lebih dekat tapi dengan hasil lebih akurat.
Massoud Tabibian, kepala proyek pembuatan sistem pengawasan elektro-optik ini, menambahkan bahwa sistem itu mencakup night-vision sensors dan pelacak jerak laser (laser range finders) yang berguna dalam operasi tempur di kondisi cuaca paling berat sekalipun.

Tabibian menggambarkan kejituan, stabilitas tinggi dalam air yang bergelombang dan kerangka yang tahan guncangan sebagai ciri-ciri lain sistem ini. Selanjutnya, komponen elektro-optikal dalam sistem ini, yang juga memiliki kegunaan pengintaian dan pengawasan di darat dan laut, sama sekali tidak bisa dideteksi oleh radar manakala terjadi perang yang melibatkan perangkat-perangkat elektronik.
Dan terakhir Tabibian mengklaim bahwa teknologi seperti ini hanya dimiliki oleh negara-negara super kaya seperti AS dan Perancis.

Sebelumnya, Iran juga telah berhasil merancang dan menguji-tembak (test-fire) misil balistik dan misil selam atau dalam air (underwater missiles), misil darat-laut canggih dan torpedo dengan kemampuan ledak hebat.

(Dari berbagai sumber)

2 thoughts on “Syarat Kemajuan Bangsa: Embargo dan Musuh

  1. mas sy mau bertaya kalau menurut mas
    pemipin muda atau pemipin tua yg lebib baik

    dan sy ingin pemipin y dr militer jd tegas dalam megabil keputusan
    kalau menurut mas sendiri gmn …………??????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s