Kisah Sedih Siswa yang Gantung Diri

Seorang siswa SD bunuh diri dengan menggantung lehernya sendiri, di Magetan-Jatim. Alasannya adalah tak tahan lagi menderita kelaparan dan sakit maag yang dia alami selama dua hari berturut-turut.

Saat peristiwa ini terjadi, tak ada orang yang mengurusi Teguh Miswadi (11). Neneknya yang renta sudah lama buta. Siswa malang itu tinggal dengan nenek yang buta ini di sebuah rumah di. Ibunya kini sedang bekerja di Sumatra, dan bapaknya sehari-hari mencari nafkah di luar rumah. Satu-satunya orang yang tahu bahwa siswa ini menderita kelaparan dan sakit maag adalah teman sekolahnya.

Hati kita semua teriris mendengar kabar sedih ini.

Tapi, dimana pak lurah, pak camat, dan semua pejabat daerahnya? Apa alasan mereka tidak bertanya-tanya mengapa siswa ini sampai dua hari tidak masuk sekolah? Di mana tetangga, handai tolan dan kerabatnya? Dimana kita ketika anak ini merintih kelaparan dan kesakitan hingga memutuskan untuk bunuh diri?

Apakah dunia telah menjadi sedemikian individualis? Apakah dunia telah menjadi sedemikian terasing? Apa kita sudah tak lagi punya kepedulian? Mengapa kesadaran kita sudah demikian keras membatu? Apakah ada manusia di antara kita? Apakah kita ini masih layak menyandang gelar kehormatan sebagai manusia? Apakah hati nurani masih menempel di dada?

Kalaulah saya bisa sampaikan pesan pada anak itu? Saya ingin katakan bahwa mungkin dunia telah melalaikanmu, adikku. Tapi TUHAN pastilah akan mendengar jeritanmu. Pastilah Dia akan mengasihanimu, dan menghancurkan semua penindas di bumi ini dengan kematianmu.

Kau telah pergi meninggalkan nestapa, tapi kehidupanmu akan menjadi beban berat bagi siapa saja yang berdosa dan berbuat keji di muka bumi ini!

2 thoughts on “Kisah Sedih Siswa yang Gantung Diri

  1. nilam says:

    Bunuh diri itu kan dosa. Yang menjadi pikiran saya, kira-kira bagaimana ya arwahnya. apakah dia dikenai dosa atau bagaimana sementara sebagai anak laki-laki dia belum masuk usia taklif. Bagaimana ya? Saya juga hanya bisa bersimpati atas deritanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s