Patungan Iran-Rusia untuk Melahirkan Kartel Minyak Terbesar

Seorang pejabat Rusia menyatakan bahwa Rusia dan Iran sepakat membentuk perusahaan patungan di bidang energi dan transportasi yang setahunnya dapat menghasilkan keuntungan 20 milyar dolar AS bagi kedua belah pihak.
Dalam konferensi press Kamis kemarin, Alexander Mariasov, pejabat senior di Kemenlu Russia menyatakan bahwa perusahaan patungan Iran dan Rusia tersebut akan mengerjakan proyek-proyek dalam industri gas, minyak dan aviasi yang nilainya mencapai 20 milyar dolar AS tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Perminyakan Iran, Gholam-Hussein Nozari, juga menyatakan bahwa Iran dan Rusia setuju mendirikan kartel minyak terbesar di dunia yang akan menguasai 40 persen suplai minyak dunia.  Gagasan pembentukan kartel ini sebenarnya sudah dimulai dengan kerjasama antara BUMN Rusia, Gazprom, dan National Iranian Gas Company yang kini sedang membangun ladang minyak Pars Selatan di Teluk Persi. Sementara pembentukan perusahaan patungan lain yang lebih besar, dengan melibatkan pihak negara ketiga, akan mulai berlangsung dua bulan mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s