Nasihat Imam Khomeini untuk Seorang Muslim

Wahai sahabatku yang mengaku Muslim, dengarkan sabda Baginda Rasul berkenaan dengan seorang Muslim, “Orang Muslim adalah dia yang Muslim lain terbebas dari gangguan tangan dan lidahnya.” Mengapa kitasaya dan Andamengganggu, mengusik dan menyakiti orang yang derajatnya bawah kita, dengan berbagai cara? Mengapa kita tidak pernah jera berbuat aniaya terhadap mereka, bahkan merampas hak mereka tanpa dasar? Sampai-sampai, bila tangan kita sudah tidak dapat menjangkau mereka, kita melakukan gangguan terhadap mereka melalui lidah kita, dengan membongkar rahasia-rahasia dan menyingkap segala hal yang selama ini mereka sembunyikan, mengumpat di belakang mereka serta membuat tuduhan-tuduhan palsu terhadap mereka?

 

Semua ini berarti bahwa klaim keislaman kita—yang tidak pernah membuat saudara-saudara Muslim kita selamat dari gangguan tangan dan lidah kita—bertentangan dengan kenyataan hidup kita yang sebenarnya. Keadaan batin kita bertentangan dengan kenyataan lahiriah kita. Dan ini membuktikan bahwa kita termasuk golongan orang munafik dan bermuka dua.

Wahai jiwa penulis lembaran-lembaran yang hina ini, yang berpura-pura seakan-akan berpikir tentang cara keluar dari hari-hari gelap serta keselamatan dari kesengsaraannya! apabila kamu benar dan hatimu selaras dengan lidahmu, dan realitas batinmu cocok dengan penampilan lahiriahmu, maka mengapa engkau begitu lalai, hatimu begitu memburuk, dan nafsumu begitu kuat? Mengapa engkau tidak berpikir tentang perjalanan kematian yang sangat penuh dengan risiko?

Usiamu telah berlalu cepat, tetapi engkau belum melepaskan nafsu dan keinginanmu. Engkau telah menghabiskan hari-harimu untuk memuaskan hawa nafsu dalam kelalaian dan kesengsaraan. Saat kematianmu terus mendekat, sementara engkau masih terjerat dalam perilaku burukmu dan terbiasa dalam perbuatan tak senonohmu. Engkau adalah jiwamu, seorang pemberi nasihat yang tidak mengambil pelajaran dari nasihatnya sendiri. Engkau termasuk kaum munâfiqûn dan bermuka dua. Jika engkau terus menerus dalam keadaan tersebut, maka engkau akan di kumpulkan dengan dua lidah api dan dua wajah dari api.

Oh Tuhan, sadarkan kami dari serangan tidur pulas yang berlarut-larut ini, sadarkan kami kembali dari keaddaan mabuk dan kelalaian ini. Sinarilah hati kami dengan cahaya keimanan dan rahmatilah keadaan kami. Ulurkan tangan-Mu kepada kami, dan tolonglah kami supaya terlepas dari cakaran iblis dan hawa nafsu, demi hamba-hamba pilihan-Mu, Muhammad dan keluarganya yang suci, semoga shalawat Allah dilimpahkan atas mereka.[]    

16 thoughts on “Nasihat Imam Khomeini untuk Seorang Muslim

  1. kasmo says:

    saya hidup sejaman dgn beliau, tp sungguh penyesalan dalam hatiku karena belum sempat meminta berkah dari jiwa beliau yg suci. mudah mudahan sy diberikan kemudahan shg dapat melaksanakan nasihat Imam Khomeini (ra).

  2. hambamu ini tak mampu tuk berkata-kata, terlalu banyak dosa yang aku perbuat, sehingga hati ini malu mengucapkan bahwa saya ummat muslim,,,,,,,,,,, ampunkanlah hambamu ini……….. amiiiiiiiin……!!!!!

  3. dharma says:

    salam.
    boleh ga, saya mengetahui apa perbedaan syiah dan suni?
    tolong kirim jWbN antum ke alamat e mail saya. (darma.sudar@gmail.com)
    sebelum n sesudahnya ana ucapin terimakasih
    wsalam

  4. Hamba hina says:

    Ya Allah,berikan sedikit cahaya yg engkau berikan kpd nabiku Muhammad,dan salah satu imam yg mendirikan agamamu kepadaku.Amin

  5. iwan sofwan says:

    malu aku ya imam, manusia munafik yang engkau ceritakan itu sepertinya adalah aku, tolong aku ya raab pisahkan sifat sifat munafik itu dariku, melalui berkah manusia manusia suci yang menjadi rujukan ruhullah al musawwi khomeini..aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s