Hah! Jilbab Masih Dilarang di Indonesia??

Kemarin saya mendapat telpon dari seorang teman yang sedang gelisah mencarikan tempat sekolah yang bermutu untuk putrinya. Saya ikut gelisah, lantaran kawan ini ternyata menemukan kebijakan pelarangan memakai jilbab buat siswi Muslimah di salah satu sekolah swasta di negeri yang mayoritas berpenduduk Muslim ini.

 

Dia pun lantas berencana membuat surat pembaca ke berbagai media. Saya minta dia juga mengirim email ke saya, agar bisa saya tayangkan di blog East-lam. Karena saya khawatir surat teman ini tidak bisa dipublikasikan oleh media massa arus utama, jadi saya muat saja terlebih dahulu di blog ini.

Isi email yang dia kirim adalah sebagai berikut:

“Pada akhir bulan Maret 2008 lalu, dalam rangka mencarikan sekolah untuk putri kami, kami meninjau sekolah GLOBAL JAYA yang terletak di sektor 9 Bintaro Jaya dan diterima oleh salah satu staff mereka, Ibu E. Sekolah yang katanya memiliki reputasi cukup bagus ini ternyata juga mempunyai policy/peraturan yang sungguh sangat mengejutkan, yakni siswi yang beragama Islam tidak diperbolehkan untuk mengenakan jilbab/ pakaian tertutup. Alasannya, aturan itu adalah bagian dari management policy mereka terkait seragam sekolah.

 Terus terang kami sebagai orang tua yang beragama Islam sangat tersinggung dengan kebijakan tersebut. Apalagi hal ini terjadi di negara kita yang populasi penduduk Muslimnya dikenal terbesar di dunia. Bukankah mengenakan atribut keagamaan itu juga merupakan salah satu hak kebebasan setiap individu manusia?? Bagaimana suatu lembaga pendidikan ternama dapat memberikan pelajaran tentang demokrasi kepada anak didiknya jika lembaga pendidikan itu sendiri tidak memberikan contoh yang benar seperti kebebasan beragama seluas-luasnya??Hal lain yang juga sangat kami sesalkan ialah peran Pemerintah, dalam hal ini adalah DEPDIKNAS yang membiarkan kebijakan seperti ini berlangsung di negara kita. Apakah hal ini akan dibiarkan saja?? Tolong tanggapannya dari DEPDIKNAS.” 

Semoga siapa saja yang terkait dengan lembaga pendidikan dapat mengevaluasi kebijakan ini.

9 thoughts on “Hah! Jilbab Masih Dilarang di Indonesia??

  1. bob says:

    Loh boleh donk kalau sekolah ini sekolah katolik atau protestan atau agama yg lain tentunya selain islam,…..kecuali umum……
    he..he….

  2. musakazhim says:

    Saya ga tau, sekolah apa itu. Kalo memang sekolah khusus agama tertentu, harusnya memang ga papa. Masalahnya jsutru kalo sekolah itu bersifat umum (public school).

  3. Taufik Murdono says:

    Sekolah Global Jaya di miliki oleh Ciputra bukanlah sekolah Kristen atau Khatolik. Sangat di sayangkan saja bahwa masih ada sekolah yg mempunyai peraturan seperti itu. setahu saya sekolah International school saja mengizinkan bagi muridnya untuk memakai jilbab.

  4. Laith says:

    Sekolah swasta pasti akan mengatasnamakan ‘uniformity’. Semua siswa diperlakukan sama and therefore, harus pakai seragam yang sama. Atas nama uniformity, mereka secara ngga langsung menginjak-injak hak asasi manusia.

    Kalau pun boleh mengenakan jilbab, tetap saja siswinya harus menggunakan seragam sekolah (baca: ROK … belum kalau disuruh pakai kemeja lengan pendek).

    By the way, kalau mau mengadu ke media, coba aja ke Republika.

  5. Ema Rachman says:

    Sekolah global jaya bukan satu2nya yang menggunakan kebijakan ini, banyak sekolah2 swasta yang alergi dengan hijab, alasan mereka lebih pada ‘marketing image’, mereka paranoid dengan target market mereka yang- sekuler- western akan mencap mereka sebagai sekolah Islam yang fundamentalis , jadi mereka ingin se’western’ mungkin dan itulah yang lebih diminati, belajar iqra hanya untuk ekstra kurikuler. Ini mungkin termasuk kaidah supply & demand. Negera kita dalam hal ini , mirip dengan Turki yang ingin diakui ‘modern’ dan sama dengan Eropa , buat mereka simbol2 agama itu merusak citra mereka. Jangankan sekolah, masih banyak orang tua yang melarang anaknya berjilbab, karena takut disebut ‘kampungan’ alias set back. Jelas sekolah2 itu juga mengikuti keinginan2 orang2 seperti itu…Nauzubillah!!!

  6. Pak Lampir says:

    Yang punya sekolah itu termasuk dalam jaringan Fundamentalis Kristen dikalangan Pengusaha. Bermainnya manis tapi beracun. Kebenciannya diwujudkan dengan cara-cara seperti ini.

  7. absoen says:

    Shalawat.
    Duh rumit bener hidup ini, mau sekolah tapi dibatasi. Masih banyak pemegang kebijakan sekolah yang anti symbol Islam. Sebenarnya ada banyak aturan hukum yang berkaitan dengan pakaian seragam sekolah yang justru memberikan tempat untuk keberadaan Jilbab seagai seragam resmi sekolah (silahkan berkonsultasi dengan dinas pendidikan setempat untuk aturan-aturan tersebut),

    Akan tetapi, akan lebih baik jika anak tersebut di sekolahkan di sekolah yang sudah “hijrah” dari era “jahiliah”, yaitu sekolah-sekolah, yang mungkin secara kualitas tidak sehebat sekolah GJ, tetapi telah taat aturan dengan mengakui Jilbab sebagai bagian dari seragam sekolahnya. Kita bisa saja memaksa sekolah GJ untuk taat aturan akan tetapi, yakinlah, sepanjang masa sekolah anak tersebut di sekolah GJ, dia akan terus menjadi sasaran olokan, sindiran dan berbagai bentuk sinisme dan penekanan! Apakah kita siap untuk menerima itu?!

    Ada alternatif yang mungkin bisa dipakai sebagai trik pembelajaran kepada sekolah GJ, ini pernah saya lakukan dan cukup berhasil di sekolah Jahiliah yang lain. Triknya;
    1. Cari dan lengkapi bahan aturan hukum berkaitan dengan seragam sekolah.
    2. Ajak dialog sekolah tersebut dan paparkan aturan yang ada (biasanya mereka akan ngotot bahwa aturan sekolah adalah aturan otonom sekolah yg tidak bisa personal). Jika mereka ngotot, ancam mereka untuk menggugat mereka di Pengadilan.
    3. Daftarkan gugatan di Pengadilan setempat dan publikasikan kasus tersebut. Kalah dan menang tidak menjadi ukuran, anda tetap menang karena kredibilitas sekolah tersebut akan jeblok di mata masyarakat karena gugatan tersebut.

  8. saya sudah lama bersekolah di global jaya . memang benar siswi global jaya tidak di izinkan memakai jilbab . tapi menurut saya sebagai muslim , itu bukan hal yg perlu di debatkan ah . biasa aja ko . lagipula jgn heran kalu sergam dan baju baju khusus(seperty baju olahraga) sekolah ini pendek banget . tapi sekolah ini bagus banget ! di jamin gak akan rugi masuk skolah ini (kec. bayarannya yg emg EKSTRIM) .

  9. sekarang ini saya kelas 3 smp , dan berencana melanjutkan ke sekolah ternama itu . jujur dari sd saya ngefannnnsss banget sama sekolah itu . menjadi siswi global jaya merupakan salah satu impian saya . menurut saya sekolah itu bagus banget ! saya sudah mempelajari detail detail sekolah itu , dan memang sangat berkualitas . benar kata jean , hal seperti ini bukan hal yang harus diperdebatkan . kalo emang ga setuju dengan peraturannya , yaudah , sekolah di tempat lain aja ! gampang kan . sodara saya ada yang ingin masuk global jaya tapi di tolak karena memakai jilbab , tapi dia biasa aja ko . malah sekarang masuk high scope . jadi hal seperti ini gausah di perdebatkan deh saran saya . ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s