Kemana Hubungan Suriah-Iran?

Di Timur Tengah, pengkhianatan bukan barang mahal. Banyak pengamat politik yang meragukan kelanjutan aliansi Iran-Suriah setelah pembunuhan Imad Mughniya dan merekahnya saluran diplomatik Damaskus-Tel Aviv. Bagaimana sebenarnya masa depan hubungan Iran-Suriah setelah berbagai inisiatif Suriah yang kurang menguntungkan Iran?

 

Dr. Samir al-Taqi adalah orang Suriah paling berkompeten menjawab pertanyaan di atas. Diplomat Kristen paling kawakan di Suriah ini adalah perwira pengubung Suriah-Israel yang telah dipercaya Suriah sejah masa Hafez al-Asad.

 

Dalam wawancara hari Selasa kemarin (29/04/2008) dengan Televisi Al-Manar milik Hizbullah, Al-Taqi menyatakan bahwa hubungan Suriah dengan Iran-Hizbullah tidak mungkin putus sekalipun Israel benar-benar mengembalikan Dataran Tinggi Golan.

 

“Sangat naif untuk berpikir bahwa Suriah akan bertindak bodoh dengan meninggalkan aliansi-aliansi strategisnya bersama Iran dan Hizbullah. Hubungan segitiga ini tidak semata-mata terbatas pada konflik Arab-Israel, melainkan juga menyentuh isu-isu sensitif geopolitik lain. Pertalian strategis ini akan bertahan untuk waktu yang lama,” ungkap al-Taqi.


Al-Taqi melanjutkan bahwa Washington adalah faktor yang mendestabilisasi kemananan Timur Tengah. Ancaman-ancaman AS pada Iran hanya akan mengeskalasi suhu politik di kawasan.

Dr. Samir al-Taqi adalah pejabat Suriah yang secara langsung menyampaikan pesan PM Israel Ehud Olmert kepada Presiden Suriah Basyar al-Assad menyangkut keinginan Israel mengembalikan Dataran Tinggi Golan ke Suriah dalam paket perdamaian dengan Israel.

 

Sebagai politisi senior yang bertahun-tahun terlibat dalam negosiasi dengan Israel dan Barat, pernyataan al-Taqi ini bisa dianggap sebagai respons resmi Suriah. Dua hari sebelumnya, Presiden Israel Shimon Perez meminta Suriah memutus hubungannya dengan Hizbullah dan Iran sebagai langkah awal menuju meja perundungan. Tapi, al-Taqi yang kini juga mengetuai sebuah tangki pemikir bernama Orient Center for International Studies menegaskan bahwa saat ini Suriah tidak mungkin mengambil langkah semacam itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s