Beberapa Polling tentang Pembubaran FPI

Di bawah ini adalah hasil polling (lewat internet) yang dilakukan oleh sejumlah media online sampai 10/6/2008, 07.59 WIB.. Yang perlu dicatat, media yang melakukan polling adalah media yang selama ini dianggap tidak dekat dengan FPI. Selain itu, bentuk pertanyaan kepada responden juga terasa memojokkan FPI.

Namun, di luar dugaan, mayoritas responden masih mendukung keberadaan FPI. Hasil ini beda dengan persepsi media televisi dan cetak yang cenderung menggiring opini untuk membubarkan FPI. Saya kira hasil ini patut menjadi bahan renungan dan diskusi, mengingat para responden ini kemungkinan besar adalah kalangan terdidik dari masyarakat kita yang mampu mengakses internet.

Hal lain yang mengejutkan saya adalah penolakan para responden untuk berpihak kepada AKK-BB yang mengusung bendera atau paling tidak mengesankan diri sebagai Islam liberal. Hasil ini bisa menunjukkan tren baru yang mengkhawatirkan, bisa juga menunjukkan gagalnya strategi “propaganda” AKK-BB dan organisasi sejenisnya, bisa juga menggambarkan bahwa masyarakat memang lebih ke arah jalan tengah (tidak liberal, tidak konservatif alias rasional kritis). Semoga kemungkinan terakhir inilah yang benar-benar terjadi.

Polling di detik.com

Massa Front Pembela Islam (FPI) menyerbu massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKK-BB) di Monas. Tindakan anarkis FPI sangat disesalkan. Tuntutan agar FPI dibubarkan pun meluas. Setuju kah Anda FPI dibubarkan?

Hasil

setuju: 44.09% [16790]

tidak setuju: 55.91% [21293]

Polling di Liputan6.com

Catatan aksi kekerasan Front Pembela Islam (FPI) cukup panjang. Terakhir, para anggotanya terlibat penyerangan Aliansi Kebangsaan Untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB). Beberapa pihak meminta FPI dibubarkan. Setujukah Anda jika FPI dibubarkan?

Hasil :

Setuju 62117 (41%)

Tidak Setuju 89188 (59%)

Abstain 272 (0%)

Total: 151577

Polling http://www.nu.or.id :

Front Pembela Islam (FPI) berulang kali telah melakukan tindakan kekerasan terhadap kelompok lain. Menurut anda, bagaimana sebaiknya keberadaan ormas ini ?

Hasil:

Dibubarkan saja karena menodai citra Islam (22%)

Sebaiknya dibina saja (8%)

Tak perlu dibubarkan, pelaku kekerasannya saja yang dihukum (10%)

Keberadaannya dipertahankan untuk menghapus kemaksiatan dan melawan kelompok liberal (59%)

Tidak tahu (1%)

24 thoughts on “Beberapa Polling tentang Pembubaran FPI

  1. bob says:

    gmn ngontrol pengisi pooling yg bolak balik ngisi…..
    cenderung saya kok bilang pooling ini tdk memenuhi std kaidah ilmiah. Jadi nggak usah diambil hati la yaw….

  2. erhi says:

    tapi walaupun tidak ilmiah, tetap pendukug FPI banyak, buktinya, tgl 9 ratusan ribu ummat Islam kumpul di istana, mereka mendukung FPI…., setelah itu SKB keluar !!!!HIDUP FPI

  3. Yep…setuju sama mas Bob.
    Lagian ada istilah “minoritas yang vokal”, yang suaranya jelas bakal lebih keras daripada “mayoritas yang diam”.

  4. Gandung says:

    terakhir waktu saya ngisi, kelompok yang setuju FPI di bubarkan jauh meninggalkan kelompok yang tidak setuju. Bedanya jauh banget. Trus waktu saya jakan-jalan disebuah situs terkenal yang cenderung berpihak kepada FPI, ada ajakan untuk mengubah hasil polling di 4 media yg waktu itu dimenangi oleh kelompok pro pembubaran FPI. esoknya saya lihat lagi situs-situs polling itu telah berubah hasilnya.
    saya yakin hasil polling terakhir itulah yang nggak ilmiah blas. dan memang nggak ilmiah, wong dengan ID yang sama bisa ngisi ratusan kali kok.

  5. Dari awal, pemerintah sudah salah. Sudah sekian banyak tindak kekerasan yang dilakukan FPI tapi pemerintah sama sekali tidak melakukan tindakan hukum yang tegas. Lama2 jadi seperti ini.

  6. Quito Riantori says:

    “kemungkinan besar adalah kalangan terdidik dari masyarakat kita yang mampu mengakses internet.” Memang betul merekalah yang paling mungkin dan paling banyak mengakses internet, tapi mengikuti POLLING? He..6x, terus terang saya ragu, karena justru org2 terdidik paling males ikut2an polling. Dan setahu saya banyak juga kalangan Wahabi dan org2 yang gak punya kerjaan (alias iseng) yang paling sering ikutan polling.

  7. roro77 says:

    sekarang mungkin umat Islam akan beranggapan bahwa dibekukannya Ahmadiyah adalah berkat FPI.. ketika FPI kembali berjasa, tanpa disadari FPI semakin lama akan semakin meraja lela..

    kalau tidak bisa membubarkan FPI, paling tidak pemerintah harus bisa menghentikan tindak anarkis FPI!!

    kekerasan bukan jalan keluar!!

  8. absoen says:

    Salam.
    Menurut saya, pertanyaan polling nya salah tuh, seharusnya, sebaiknya, seadilnya, sejujurnya dan lain se-, pertanyaannya adalah:
    PILIHAN NAMA YANG COCOK UNTUK SINGKATAN FPI ADALAH?
    A. FRONT PREMAN INDONESIA
    B. FORUM PENGANGGURAN INDONESIA
    C. FEDERASI PERUSAK ISLAM (krn di beberapa daerah ada cabangnya)
    Nah, kalo pertanyaan polling semacam ini pasti dpt dipertanggungjawabkan hasilnya.🙂🙂🙂

  9. johny says:

    “Hasil ini bisa menunjukkan tren baru yang mengkhawatirkan, bisa juga menunjukkan gagalnya strategi “propaganda” AKK-BB dan organisasi sejenisnya,…..” khawatir ya??????? ketahuan deh siapa anda..:))

  10. nene says:

    TAK ADA ASAP KALO TAK ADA API….
    KEKERASAN TIDAK PERNAH BENAR di KITAB MANA PUN….
    JIKA UMAT ISLAM SEKARANG MENGHAKIMI AHMADIYAH
    PIKIRKAN BAGAIMANA PERASAAN ISLAM DULU (dan sekarang) WAKTU DIJAJAH ISRAEL dengan kekerasan…(karena ISRAEL MEMBELA PEMIKIRANNYA juga)
    DIJAJAH MALAH BALAS MENJAJAH
    MATA GANTI MATA, GIGI GANTI GIGI
    MASALAH NGGAK PERNAH SELESAI…

    PERANG,DARAH,PUKUL,BUNUH,BENCI,HUJAT

    apa mereka tidak tahu kita satu ayah satu ibu (dan 1 kera;chales darwin hehehe)
    apa mereka tidak tahu caranya menggunakan mulut… dan pelukan kasih sayang untuk menyelesaikan perbedaan….

    ………”ADA SAATNYA NANTI UMAT BERAGAMA YANG CINTA KEKERASAN DIINDONESIA TIDAK BISA MENGGUGUNAKAN MULUTNYA, TAK ADA KATA YANG BISA DIUCAPKAN,
    ……….”BENCANA AKAN DATANG (sama seperti Tsunami dulu)”…….
    ……………..dan satu-satunya kalimat yang keluar AMPUNI dan KASIHANI AKU TUHANNNN!!!

    n.b:hasil poling masih mendukung FPI
    lah emangnya yang bisa submit poling cuma MANUSIA, BOT JUGA BISA

    PEACE forever..

  11. a-k says:

    antara anyer dan jakarta ku jatuh cinta….antara FPI dan Ahmadiyah tak kan ku bela…Mari membela yg benar..Gus Dur pelindung yg benar

  12. dr. saidi says:

    pemilu aja masih byk manipulasi, apalagi polling yg tdk diawasi ???????. islam bukanlah agama HANTAM KROMO. RUMAH SAKIT JIWA sudah menunggu orang-orang islam yg suka HANTAM KROMO ………….

  13. komen says:

    Sekarang yang menjadi kitab suci adalah media, kalau media bilang A benar, masyarakat ikut2an bilang A benar.Gejala pengungkungan akal karena pembatasan pendidikan..

  14. ibnu Hanafie says:

    Propaganda elu-elu sudah kalah, ngaku aja gak usah banyak alasan. Gue bukan FPI tapi kalo dipojokkan kayak gitu, gue jadi simpati, yang salah pengantar polling inginnya menggiring opini untuk membubarkan FPI, hasilnya malah terbalik. Kasiiian deh ….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. FPI adalaha salah satu tangan untuk mengurusi satu dimensi permasalahan di Indonesia yang sudah mengakar, disamping organisasi-organisasi lain. FPI bekerja bukan sebagai superman yang mengatasi semua masalah, dinyatakan oleh Hb Rizieq sendiri. Kemaksiatan merajalela di Indonesia oleh karena itu FPI dibutuhkan (paling tidak saat ini).
    Jika FPI tidak ada, ibarat manusia, kehilangan salah satu organnya, maka bangsa ini akan timpang.
    Opini pribadi saya, kasus Ahmadiyah adalah upaya pembelokan energi massa sehingga terlupa kasus Kenaikan BBM dan Ketidakbecusan pemerintah (sebagai salah satu tangan yang mengurusi permasalahan tata negara). Lalu apa lagi? Saat kasus Ahmadiyah terkatung2 dan Hb Rizieq diasingkan dengan tuduhan Nganeh-anehi yg ga jelas, sekarang energi massa ummat akan dialirkan ke kasus yang lebih simpel yaitu “Fatwa Rokok Haram”.
    Sungguh aneh bangsa ini…

  16. rise 4 Islam says:

    Ini orang yang punya angeppan miring tentang FPI sangat keliatan tidak konsisten.. disatu sisi mereka percaya bahwa FPI adalah biang keladi tragedi monas.. padahal informasi yg didapat dari media yang menurut mereka dapat dipercaya… coba kita perhatikan footage tragedi monas yang diedit2 bukan asli.. gambar yang ditunjukan juga itu2 aja.. hampir seragam disetiap media.. malahan hampir gak ada satu mediapun yang nampilin gambar orang yang jadi provokator yang memegang pistol pada saat tragedy itu terjadi. Ketika salah satu media yang sama bikin polling yang ternyata hasilnya memenangkan FPI eh mereka malah ga percaya.. makin ngawur aja… sangat ga konsisten… konsisten dong.. lucu ya.. DASAR EGOIS!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s