Michael Steele, Kulit Hitam Pesaing Obama

steele

Partai Republik yang terlempar dari kekuasaan legislatif dan eksekutif sejak November lalu kini membuat gebrakan besar. Hari Jumat kemarin, Komite Nasional Partai Republik memilih Michael Steele sebagai Ketua Umum Partai Republik .

Michael Steele sendiri adalah politisi kulit hitam pertama yang menduduki posisi pamuncak di Partai Republik yang dikenal konservatif tersebut. Mantan Wakil Gubernur Maryland ini sepertinya akan menjadi pesaing ketat Obama untuk meraih suara kulit hitam di AS.

Selain itu, Steele yang dikenal beraliran konservatif ini percaya bahwa Partai Republik akan memenangkan pertarungan politik demi perubahan AS di masa mendatang. Steele menyatakan bahwa komunitas Afro-Amerika adalah kelompok masyarakat AS yang pada dasarnya bersikap konservatif, dan tidak cocok dengan kebijakan-kebijakan yang diusung Demokrat.

Media massa arus utama di AS memandang pemilihan Steele sebagai bersifat historis, mengingat ini berarti dua partai besar AS sama-sama dipimpin oleh kulit hitam. Demokrasi tampaknya mulai berayun ke arah lain di AS. Sejumlah analis AS menyebut Steele sebagai jawaban konkret Partai Republik atas popularitas Barrack Obama.

4 thoughts on “Michael Steele, Kulit Hitam Pesaing Obama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s