Mufti Mesir: Saya Tetap dalam Pendapat Semula!!!

 ali-jumah2

 

Mufti Mesir, Ali Jum’ah, tetap mempertahankan pendapatnya tentang kesamaan mazhab Syiah dan Ahlus Sunnah. Setelah fatwa tentang kesamaan kedua mazhab besar Islam ini, sang mufti terus menerus mendapat kecaman dari media massa Pemerintah dan sejumlah tokoh Wahabi dari luar Mesir. Salah satu tokoh Wahabi, Fathi Usman, menganggap Jum’ah sebagai orang yang menyimpang dari Islam gara-gara pendapatnya yang pro persatuan Islam itu.

 

Namun demikian, kemarin, dalam sebuah seminar yang diadakan asosiasi pengacara Mesir, Dr. Ali Jum’ah mempertegas pendapatnya. “Saya tetap dalam pandangan semula, karena pandangan saya itulah yang benar menurut semua sumber Islam.”

Ali Jum’ah juga kembali menyatakan tidak ada perbedaan antara Sunni dan Syiah kecuali dalam sumber-sumber pengambilan hukum. Keduanya sama-sama merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah. Bedanya, Syiah mengambil referensi Sunnah dari Rasulullah, Ahlulbait dan sebagian sahabat, sedangkan Ahlus Sunnah mengambilnya dari Rasulullah dan semua sahabat tanpa terkecuali.

 

Menurutnya, perbedaan referensi ini sama sekali tidak berdampak besar dalam rumusan dasar keyakinan dan tatacara ibadah. Bahkan, dia lagi-lagi menegaskan bahwa setiap Muslim boleh memilih di antara dua mazhab ini tanpa ragu. “Seorang Muslim boleh memakai fiqih yang datang dari ulama Sunni sebagaimana juga boleh mengambil dari ulama Syiah,” tandasnya.

Dalam banyak kesempatan, Mufti Mesir satu ini sering mendapat tudingan macam-macam termasuk sebagai agen Iran di Mesir. Tudingan ini jelas mengada-ada, karena Sang Mufti tak pernah sekali pun berkunjung ke Iran dan bertemu dengan ulama Syiah Iran. Semua pandangannya didasarkan pada buku-buku yang ditulis oleh ulama Sunni Mesir sendiri atau ulama Syiah yang bermukim di Mesir sejak ratusan tahun silam.

Sumber: Alarabiya.net

13 thoughts on “Mufti Mesir: Saya Tetap dalam Pendapat Semula!!!

  1. syarif says:

    Alhamdulillah, simpul demi simpul kebenaran terus terurai, guna menyambut Sang Pemimpin Kebenaran yang segera bangkit membebaskan dunia dari angkara murka.
    ‘ala NABI wa Alihi….Sholawat

  2. Mushadiq Ali says:

    semoga rahmat Allah atasmu, wahai mufti yang mulia.
    Allah bersamamu, wahai mufti yang jujur.
    jangan kau hiraukan ucapan anjing-anjing pemecah persatuan umat.
    la sunniyyah la syi’iyyah. islamiyyah, islamiyyah!
    tetaplah berdiri tegak dan satukan ummat dengan kebijaksanaan dan keteduhanmu itu, wahai alim yang bijak dan mulia.

    bisshalawat.

  3. GANDUNG says:

    Beginilah mestinya para pemuka agama berpandangan. Menyejukkan dan mempersatukan ummat.
    Sebagaimana Imam Ali Khamenei sendiri selalu menganjurkan persatuan dan menyuruh ummatnya untuk “ngalah” demi persatuan. Karena ada tujuan besar yang hendak diraih, bukan lagi tujuan kelompok atau negara tertentu, tapi tujuan besar yang satu yaitu :” Jaya dan tegaknya Islam”.

  4. Arwen says:

    Dear …

    Setuju gandung dan damartri …

    Lha kok hebat bener tuh yang menuduh-tuduhan keji. Lagian … emang “bangga” mereka yang syiah disamain sama yang suni … kaya butuh banget!!

    Jalan terus mufti …

  5. Ali Z.A. Alaydrus says:

    Betawi bilang dari Mukenye keliatan banget tu Mufti bening banget..banyak kena air wudhu kali ye..bisa juga begini dah contoh muke2 orang yang mau “ambil” Hidayah ALLAH ( krn buat ane mazhab Ahlul Bait adalah Hidayah dr ALLAH..Sa’ bodo sama pendapat yg lain )..Cape deh msh pade repot nyalah2in orang..Subhanullah nya ada dr Ulama wahabi yg marah klo Israel di demo..itu yg mustinye Fathi Usman kritik, bukannye tu mufti mesir…

  6. abu al hasan says:

    Setuju bos !
    kasihan tuh Wahabi dan Salafy.siapa lagi yang mau kalian bela ?
    Gue jadi inget fragmen 3 tahun lalu, saat kita punya organ KUMAIL demo kasih selebaran up date news ihwal Perang Lubnan. aksi kita berjalan aman 2 minggu, di dekat Konjen AS.

    e lhadalah, nka tahunya, demo kita ditandingi dengan kambing congek Wahabi salay. isi selebaran yang mereka sebar adalah : JANGAN TERJEBAK PROVOKASI SYI’AH RAFIDHAH ! PERANG LIBANON ADALAH PERANG SAUDARA SESAMA YAHUDI !

    iH, GUE jadi gemes mengingatnya. Lagian, demo mereka ini mengambil lokasi yang paling dekat dengan Kantor KONJEN AS itu.

    Yeah Wahabi, carmuk melulu di hadapan tuan besarnya.

    Hidup Syi’ah Nusantara ! Panjang usia Ahlussunnah se Indonesia !

  7. pazdaran says:

    ass.wr.wb
    dengan percepatan waktu kedatangan imam jaman,maka akan banyak orang seperti mufti mesir ini.dimana mana orang akan menyerukan kedalian dan kebenaran.

  8. mufid says:

    saya ingin mendapatkan kitab Syekh Ali Jum’ah yang berjudul Al-Bayan Al-Qowim litashih ba’dhi Al-mafahim,
    semoga Allah mempermudah, amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s