Kemenangan Logika Kebenaran

4 general

Pada 14 Februari 2005, TNT sebesar 2000 kg tiba-tiba meledak di pusat kota Beirut. Hariri beserta seorang menteri dan 22 pengawalnya tewas seketika. Ratusan ribu warga Lebanon turun untuk memprotes aksi biadab ini. Di antara ratusan ribu orang itu juga terdapat ribuan simpatisan Hizbullah. Sekjen Hizbullah, Hasan Nashrullah, juga langsung mengutuk pembunuhan itu dan menuduh Israel sebagai dalangnya.

Namun sayangnya, putra sulung Rafik Hariri, Saad Hariri, tiba-tiba menggelar konferensi pers dan menuduh Basyar al-Asad sebagai dalang pembunuhan. Menurutnya, Basyar menyimpan dendam pada ayahnya yang telah meminta penarikan mundur pasukan Suriah dari Lebanon.

Saad Hariri segera menuntut pihak-pihak yang dekat dengan Suriah bertanggungjawab atas kematian ayahnya. Tidak tanggung-tanggung, empat jenderal penting pun segera diciduk. Mereka adalah mantan kepala bagian keamanan umum Mayjen Jamil al-Sayyid, mantan kepala polisi Mayjen Ali al-Hajj, mantan kepala badan intelijen negara Brigjen Raymond Azar dan mantan Komandan Paspampres Mustafa Hamdan.

Empat jenderal yang dikenal dekat dengan Hizbullah ini pun lantas ditahan selama 3 tahun 8 bulan. Namun, anehnya, setelah diperiksa selama masa panjang itu, tim penyidik tidak menemukan bukti kuat atas keterlibatannya dalam pembunuhan mantan PM Hariri.

Bahkan, skandal demi skandal kebohongan muncul ke permukaan. Semua saksi yang semula memberikan kesaksian memberatkan atas keempat jenderal itu pun satu demi satu mengakui bahwa kesaksian mereka dusta belaka. Saksi kunci, Zuhair Shiddiq, malah sempat melarikan diri ke Perancis dan mengakui bahwa semua kesaksiannya adalah semata-mata mengikuti alur cerita yang sudah dibuat oleh tim penyidik.

Pekan lalu, mahkamah internasional yang secara khusus dibentuk untuk mengadili kasus pembunuhan Hariri memerintahkan pelepasan semua jenderal itu dari tahanan. Nashrullah menyatakan bahwa penahanan atas keempat jenderal itu adalah tindakan kriminal yang dilatari oleh motif politik. “Tak ada satu alasan hukum pun yang dapat dibenarkan atas penahanan empat perwira patriotik itu selama 3 tahun 8 bulan itu. Kalau saja sejak semula pihak penyidik mengikuti saran saya untuk mencari indikasi keterlibatan Israel, maka mungkin kasus ini sudah sejak lama selesai. Tapi rupanya ada faksi politik yang secara khusus ingin agar kasus ini tidak terungkap dan memakainya sebagai senjata intimidasi lawan-lawannya,” ungkap Nashrullah dalam pidato sambutannya atas pembebasan keempat jenderal ini.

One thought on “Kemenangan Logika Kebenaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s