Semburatnya Spionase Israel di Lebanon

Nashr

Jejaring spionase Israel di Lebanon terkena badai dalam beberapa pekan terakhir ini. Televisi Al-Manar melaporkan bahwa setidaknya ada 22 sel mata-mata yang tersebar di berbagai tempat di Lebanon tertangkap oleh badan intelijen Lebanon yang sepenuhnya berkoordinasi dengan Hizbullah.

Salah satu agen yang terungkap adalah Haytham Sehmerani, seorang sersan yang bekerja di badan keamanan dalam negeri Lebanon. Sehmerani bekerja secara ekstensif di daerah kekuasaan Hizbullah di Beirut Selatan. Selama bekerja sebagai mata-mata, Sehmarani mengaku dibantu oleh sejumlah anggota keluarganya, termasuk istrinya.

Mata-mata lain yang juga tertangkap oleh aparat keamanan Hizbullah adalah Mustafa Awada yang tinggal di kota Nabatiyyah, di Lebanon Selatan. Awada sendiri memiliki persewaan mobil yang sering digunakan oleh kader Hizbullah. Sekitar seminggu lalu, seorang anggota militer Hizbullah menemukan peralatan super canggih yang terpasang dalam mobil yang disewa dari Awada. Di berbagai bagian mobil itu, terpasang kamera yang terhubung langsung dengan satelit melalui GPS.

Agen lain yang baru saja tertangkap adalah Ali Mantash, yang secara khusus diminta untuk mengumpulkan berbagai informasi yang terkait dengan Wafik Shafa—seorang kader senior Hizbullah yang membidangi negosiasi pertukaran tawanan dengan Israel beberapa bulan lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Hizbullah mengintensifkan aktivitas keamanannya di berbagai penjuru Lebanon, terutama di wilayah Selatan. Peningkatan aktivitas pengamanan ini sendiri dipicu oleh rencana Israel menggelar latihan militer terbesar sepanjang sejarah militer Israel pada dua bulan mendatang. Banyak pengamat yang menilai bahwa latihan militer terbesar sepanjang sejarah Israel itu dimaksudkan untuk mensimulasikan serangan militer Israel ke berbagai target sekaligus, yakni Iran, Suriah, Gaza dan Lebanon Selatan.

Dalam penjelasan persnya beberapa hari lalu, Sekjen Hizbullah, Hasan Nashrullah, menyatakan bahwa Hizbullah akan meningkatkan kewaspadaan seiring mendekatnya jadwal latihan militer Israel. Apalagi, kata Nashrullah, Israel tak akan rela melihat prediksi kemenangan besar yang bakal diraih Hizbullah dan kelompok oposisi dalam pemilu legislatif 8 Juni mendatang.

Dia melanjutkan, “Mereka (Israel) pasti akan mencoba segala cara untuk mengurangi kekalahan yang akan menimpa mereka (sebagai hasil pemilu 8 Juni ini). Tapi satu langkah keliru yang mungkin mereka ambil pasti akan membawa pada kemenangan lebih besar bagi kita dan kekalahan lebih telak atas mereka.”

Advertisements

One thought on “Semburatnya Spionase Israel di Lebanon

  1. ALI ALAYDRUS says:

    FA INNA HIZBULLAHU HUMUL GHALIBUN..SODAQALLAHU..ALLAHUMANSUR SAYID HASSAN NASRULLAH WA HIZBULLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s