Desa Tertua di Timur Tengah

Artefak Iran

Sejumlah arkeolog Iran dan Inggris baru-baru ini menemukan desa tertua di Timur Tengah. Setidaknya desa ini telah ada sejak 9800 tahun sebelum Masehi di bagian barat Iran.

Temuan arkeologis yang unik ini menyingkapkan bahwa Iran adalah pusat jaman neolitik yang menandai akhir jaman batu di Timur Tengah.  “Situs bersejarah ini sudah ada sejak 9.800 SM dan bukti menunjukkan bahwa penduduk situs itu terus hidup hingga 7.400 SM,” kata Hassan Fazeli, direktur Pusat Arkeologi Iran.

Para arkeolog ini kemudian menyimpulkan bahwa para penghuni Iran telah keluar dari lubang-lubang gunung berbatu sekitar 11,800 tahun lampau dan tinggal di dataran dan padang luas.

Temuan-temuan ini memperkuat teori bahwa sebagai pusat neolitik di Timur Tengah, Iran bukan sekadar menjadi pusat agrikultur. Banyak teknologi primitif lain yang sudah mulai berkembang di sana sejak belasan ribu tahun lampau itu pula.

“Para pejabat bidang kebudayaan segera akan memperkenalkan hunian manusia tertua ke UNESCO,” kata Fazeli sambil menambahkan bahwa “Pembukaan situs bersejarah ini bagi publik merupakan langkah awal dari rencana yang lebih besar.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s