Ironis, Pembagian Raskin di AS

 Raskin

Resesi ekonomi AS tampaknya belum akan segera pulih. Dampaknya pun terus meluas dan melebar ke berbagai sendi kehidupan masyarakat. Pemerintah federal AS sampai membuat program anti-lapar untuk mencegah terjadinya kelaparan massal di Negeri Paman Sam ini.

Satu dari sembilan warga AS kini menggunakan kupon pangan dari pemerintah federal untuk membantu membeli sembako. Bulan Maret kemarin, jumlah orang yang mendaftar untuk memperoleh santunan kupon meningkat dua persen dari 591,000 orang yg sebelumnya sudah terdaftar. Departemen Pertanian memberi sekitar 113,87 dolar AS tiap orang.

Di 20 negara bagian AS, satu dari depalan orang sudah masuk dalam daftar food stamp program (bantuan kupon untuk membeli sembako), menurut Food Research Center.

Sejak musim gugur tahun lalu, hampir enam juta orang mendadak menganggur.

Kongres kini telah mengalokasikan sekitar 54 milyar dolar AS untuk santunan makanan pada tahun fiskal ini, naik dari 39 milyar dolar AS tahun lalu. Pada tahun fiskal baru yg dimulai 1 Oktober mendatang, para pengamat memperkirakan kenaikan sampai 60 milyar dolar AS untuk bantuan makanan.

Ironis kalau negara yg sudah mendekati jurang kebangkrutan ini kita harapkan uluran tangannya untuk membantu negara kita yg kaya raya. Apa kata dunia?

6 thoughts on “Ironis, Pembagian Raskin di AS

  1. dj says:

    ini semacam BLT ya?
    Wah negara kita bisa jg menjadi contoh buat AS, g qta terus yg nyontek programx mereka
    hehehe….

  2. Absoen says:

    Salam.
    Lihat iklan politik JK terbaru, “…I’m here to ask you, what we, Indonesian, can do to help you and your country, Sir…” dialog JK dan Wapres Amrik. Jika dialog itu benar terjadi, saya bangga menjadi WN Indonesia.

  3. Ternyata yang ada raskin itu bukan di Indonesia saja lho, Tapi di Amerika yang notabene sebagai negara besar & maju juga ada toh! Seharusnya Amerika mencontoh Indonesia dalam pembagian raskinnya!

  4. blackout says:

    Ustadz, bisa ana dapat cantuman link international sourcenya maturnuwun, penting utk menyanggah para neoliberal yg mendewa-dewakan amrik di sebuah forum.

  5. blackout says:

    terimakasih ustadz,

    memang US mendapatkan ‘keadikuasaannya’ melalui cara2 yg tidakpeduli pada rakyat

    film dokumenter Food Inc juga menunjukkan bagaimana industri makanan mrk yg melakukan monopoli seluruh kegiatan produksi dan distribusi makanan melakukan cara2 yg tidak manusiawi bagi manusia dlm menyediakan makanan rakyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s