Gerilyawan Houtsi: Saudi Pemicu Konflik Yaman Utara

Para pejuang Houtsi di Yaman dalam pernyataan persnya hari Jumat (28/08)  ini secara blak-blakan kembali menuduh Arab Saudi di balik serangan udara sebulan terakhir ini atas wilayah mereka yang berbatasan darat dengan Arab Saudi di Yaman Utara. Mereka memastikan bahwa Kerajaan Arab Saudi merasa panik akibat perkembangan Syiah di wilayah tersebut, terutama karena hal itu bisa memicu pembenrontakan minoritas Syiah di wilayah perbatasan Yaman Utara-Saudi.

Gerilyawan Syiah Zaidi yang lebih dikenal dengan kelompok Houtsi ini juga menunjukkan bukti-bukti audio-visual atas keterlibatan militer Suadi dalam serangan membabi buta ini. Setidaknya dua pesawat tempur Saudi ikut dalam serangan udara tentara Yaman atas markaz-markaz Houtsi di wilayah  al-Malahid.

Bentrokan sengit antara pasukan Yaman dan gerilyawan etnis Syiah Zaidi, terutama etnis Houtsi, ini sudah berlangsung hampir satu bulan silam. Ratusan orang gugur dari kedua belah pihak, dan ratusan ribu lainnya mengungsi dari wilayah-wilayah konflik.

Bentrokan militer antara pasukan Yaman dan gerilyawan Syiah ini terjadi secara berkala sejak 2004 silam. Pemicunya tak lain adalah insiden penangkapan pemimpin Syiah Abdul Malik Al-Houtsi oleh otoritas Yaman. Syaikh Al-Houtsi ditangkap setelah menyeru ratusan ribu pengikutnya turun ke jalan mengutuk AS, Israel dan Arab Saudi atas berbagai bencana di dunia Islam. Dia juga kemudian mengutuk Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, yang menjadi kaki tangan zionis dan Wahabi di Yaman.

Banyak pengamat Timur Tengah yang percaya bahwa bentrokan militer ini bakal berlarut-larut. Sebagian besar pengamat itu juga percaya bahwa serangan pasukan Yaman atas gerilyawan Houtsi justru akan memperkuat posisi mereka di mata publik yang kian benci terhadap pemerintah pusat. Apalagi gerilayawan Syiah ini berhasil membentuk opini publik bahwa mereka melawan Saudi Wahabi yang dikecam oleh sebagian terbesar penduduk Ahlus Sunnah di Yaman.

Jubir gerilyawan Houtsi, Yahya al-Houtsi, Jumat kemarin menegaskan bahwa pasukan Yaman dukungan Saudi takkan menang dalam konflik ini. Sebaliknya, dia mengingatkan kerajaan Saudi untuk segera menghentikan tindakan main api ini, karena bisa-bisa kerajaan mereka di Riyadh ikut terbakar.

Advertisements

8 thoughts on “Gerilyawan Houtsi: Saudi Pemicu Konflik Yaman Utara

  1. semoga allah swt memberi kemenangan terhadap kebenaran, pasukan Almahdi akan muncul dari Yaman yg akan menguasai Najed setelah terbunuhnya raja (adullah)karena perebutan kekuasaan.

  2. GANDUNG says:

    rejim saudi,…. gak lama lagi umurmu.
    sama seperti nasib sekutumu Amerika dan Zionis, begitu pula akhirmu.. penuh kehinaan dan kenistaan.

    • abu abdirrohman says:

      antum syi’ah ya? heii mas stau saya MUI telah menyesatkan aliran kalian dan mekarang peredaran kalian di indonesia.

  3. abu abdirrohman says:

    setau saya hanya saudi arabia satu2nya negara di dunia ini yang dasar negaranya adalah alQur’an dan sunnah serta istiqomah dalam menerapkan hukum ALLOH,tidak seperti negara2 muslim lainnya yang latah menerapkan sistem nasionalis sekuler seperti mesir,turki,indonesia,aljazair,dsb.bahkan lebih parah lagi adalah republik islam(?) iran yang syi’ah di jadikan agama resmi negaranya,sebuah agama yang menuhankan Ali bin abu tholib,jadi…hentikanlah hujatan kalian wahai orang2 yang latah yang tdk tau masalah.bahkan mereka yang terlebih dahulu mengucurkan bantuan ketika tsunami melanda aceh di saat tuan amerika dan perancis dan tuan2 kalian yang lain baru sebatas janji ingin memberikan bantuan,mereka tidak mau diekspos sebagaimana para pengumbar janji mengumbar janji mereka di media2.namun ketika terjadi insiden para TKW yang terjadi,konflik di perbatasan saudi meletus telunjuk banyak orang serentak menunjuk saudi padahal belum terbukti apakah itu hasil dari tangan2 sunni di sauidi?dimana sikap adil kita kita campakkan?

  4. musakazhim says:

    Bukannya Saudi itu beraliran Wahabi? Jangan bajak akidah Sunni yang benar untuk melegitimasi kerajaan rasis macam Saudi lah, pak abu. Kasianilah akal pikiran banyak orang di blog ini. Plis deh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s