Jepang Pertanyakan Keberadaan Tentara AS di Okinawa

Para anggota legislatif baru dari partai Democratic Party of Japan (DPJ) yang memenangi pemilu terakhir Jepang berjanji akan menutup pangkalan militer AS di Okinawa, utara Jepang. Kelima legislator asal Okinawa itu sepakat menentang perjanjian AS dan pemerintah Jepang sebelumnya atas penggunaan pangkalan udara Futenma di  wilayah mereka. Sebaliknya, mereka mengusulkan pasukan AS itu dipindahkan ke pulau Guam milik AS.

Menanggapi gerakan para anggota legislatif baru dari DPJ itu, Washington bersikeras tak mau menegosiasi kembali kesepakatan yan telah dibuatnya dengan pemerintah Jepang sebelumnya berkenaan dengan pangkalan udara Futenma.

PM terpilih Jepang dari DPJ, Yukio Hatoyama, juga menyoal peran ribuan tentara AS yang digelar di seluruh Jepang sebagai bagian pakta keamanan pasca Perang Dunia II. Hatoyama kerap mengkritik kebijakan-kebijakan partai berkuasa sebelumnya yang dianggap pro AS di Afganistan, Irak dan Timur Tengah. Hatoyama bahkan bertekad menjauhkan  Tokyo dari  ‘ekses-ekses kapitalisme model AS’.

“Sebagian dampak kegagalan perang Irak  dan krisis finansial, era  globalisme yang dipimpin AS akan segera berakhir,” tulis Hatoyama di  The New York Times pekan lalu.

Sumber: PressTV

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s