Venezuela Tangkap Pemimpin Paramiliter Kolombia

Ketegangan antara Venezuela dan Kolombia makin meningkat. Banyak faktor yang menyebabkannya. Antara lain tuduhan Venezuela bahwa Kolombia berkonspirasi dengan AS untuk menggoyang rezim Hugo Chavez. Caracas menuduh Bogota membantu pemberontakan paramiliter di perbatasanVenezuela-Kolombia.

Kemarin kepolisian Venezuela mengumumkan penangkapan pemimpin paramiliter Kolombia, Magaly Janeth Moreno Vega, yang beroperasi di wilayah perbatasan Kolombia-Venezuela. Ratusan warga di wilayah perbatasan tewas dan hidup mengenaskan akibat ulah pemimpin paramiliter perempuan bernama Magaly Janeth Moreno Vega.

Penangkapan ini mengejutkan Bogota yang sejak beberapa tahun silam berupaya menangkap Moreno Vega. Mendagri sekaligus Menteri Kehakiman Tareck El Aissami menyatakan bahwa penangkapan Moreno Vega yang menjadi pemimpin United Self-Defense Forces of Colombia (AUC) yang sudah lama dicari oleh Interpol merupakan prestasi tersendiri.

Para analis Timur Tengah menengarai bahwa Tareck El Aissami yang keturunan Suriah itu kini banyak memanfaatkan kemampuan intelijen Hizbullah dan Iran untuk menjaga keamanan domestika Venezuela. Nicole M. Ferrand bahkan menuduh Caracas membangun sel-sel paramiliter di dalam negeri dengan model Basij di Iran untuk menangkal gerakan oposisi sekaligus mencegah berlangsungnya operasi2 intelijen AS untuk menjatuhkan pemerintahan Hugo Chavez.

Melalui tangan Mendagri merangkap Menkeh Tareck El Aissami, banyak pos penting di pemerintahan diisi oleh warga negara Venezuela keturunan Lebanon atau Palestina yang punya afiliasi dengan Hizbullah dan Hamas atau memiliki ideologi perlawanan zionis yang radikal. Pusat-pusat bisnis di Venezuela kabarnya juga dikuasai oleh kelompok ini, terutama setelah Iran-Venezuela membangun Iran-Venezuela Joint Bank yang telah memiliki dana di atas 1 milyar dolar AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s