Gerakan Turunkan Patung Obama di Menteng

Rupanya aksi “lebai” pemerintah Indonesia tidak hanya dirasakan warganya sendiri, tapi juga warga dunia lain. Untuk apa patung Obama dipajang di Taman Menteng gitu lho? Emang apa jasa dia terhadap bangsa dan negara ini?

Warga California, AS, juga membuat akun grup sejenis dengan titel serupa yaitu “Take Down the Barack Obama Statue in Taman Menteng Park“.

Kreator grup ini adalah Richard John McNamara.  McNamara tidak mendeskripsikan rinci grup bentukannya ini hanya menulis singkat “See fox news story Take Down the Barack Obama Statue in Taman Menteng Park”.

Sedangkan dalam akun pribadinya, McNamara menuliskan  pekerjaannya di California Departemen of Corrections sebagai Correctional Peace Officer  yang berlokasi di Crescent City, California.

Saat berita ini diturunkan, Rabu (16/12/2009), member grup ini telah 519 orang dan merupakan warga negeri Paman Sam. Sedangkan grup ‘Turunkan Patung Obama dari Taman Menteng’ karya Heru Nugroho dkk telah menembus 17.483 anggota.

Awal pekan ini, inisiator patung Obama, Ron Muller, dari Yayasan Friends of Obama, menyesalkan penolakan pada patung Obama. Dia mengimbau publik melihat segi positif patung itu yaitu membuat Taman Menteng dikenal di seantero jagad. Sedangkan jasa Obama adalah membentuk citra positif bagi Indonesia karena dalam sejumlah kesempatan, Obama selalu menyebutkan dia pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia. Obama mengaku tersentuh atas patung itu.

Sejumlah pengamat dan teman SD Obama di SDN 01 Menteng, mengusulkan agar patung itu dipindahkan ke kawasan rumah Obama di Menteng Dalam atau SDN 01 Menteng, tempat Obama bersekolah dulu. Patung Obama dinilai tak pantas berada di area publik karena jasanya bagi Indonesia tidak jelas. Ada baiknya patung di Taman Menteng adalah tokoh nasional yang tak disangsikan lagi jasanya.

Sumber: Detik.com

8 thoughts on “Gerakan Turunkan Patung Obama di Menteng

  1. platinum says:

    Nista banget sih pemerintah ini…how dare obama yang tak berbuat apa2 untuk bangsa kita apalagi untuk kemanusian di berikan penghargaan seperti itu…Masya Allah , jangan lah jadi bangsa yang hina dina gitu…yang memberikan izin dan ide itu makhluk2 pemimpi yang tak tau diri…bangsanya sendiri aja tak sudi, ini pemerintah tak punya harga diri maen buat aja!!! what a shame!!! he didnt even worth it for the nobel he just rcvd…inna lillahi wa inna ilaihi rajiun…what’s wrong with those people? Ya Saleh Ya Aba Saleh aghtisna

  2. Barack Obama. Nama itu memang seolah sering membahana di negeri ini, hanya karena alasan sederhana bahwa ia penah tinggal di Indonesia. Suatu hal yang wajar, namun apabila sampai dibuatkan patung di sebuah taman umum, rasanya perlu dipertimbangkan lebih jauh.

    Bukan bermaksud merendahkan, namun lebih kepada sebuah refleksi. Negeri ini mempunyai banyak pahlawan yang rasanya lebih tepat untuk dikenang.
    Cara Membuat Blog

  3. fuad says:

    dunia sudah muak dengan tingkah laku AS, eropa sudah mulai meninggalkannya, lucu kalo indonesia masih tidur dengan mimpi tempo doeloe saat obama cari makan di indonesia, obama tak ubahnya bush, hanya lain kulitnya.

  4. dj says:

    pemerintah indonesia ke GR an,wong obama cuman 2 thn aja di Indonesia udah bangganya setengah mati.
    G penting banget majang patung obama di taman menteng

  5. dj says:

    ADE IRMA SURYANI NASUTION jauh lebih layak dibuatkan patung
    INDONESIA punya byk pahlawan,sampai anak kecilpun memiliki sumbangsih untuk bumi pertiwi
    TURUNKAN PATUNG OBAMA,GANTI DENGAN PATUNG ADE IRMA

  6. Apa tidak terkesan pemborosan dengan pembuatan patung Obama tersebut jika kita lihat masih banyaknya warga Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Dana sekian banyaknya hanya untuk sebuah patung untuk orang yang tidak jelas jasanya untuk Indonesia. Jika dialokasikan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia tentulah dana sebanyak itu akan lebih bermanfaat bagi Indonesia, bagi bangsa Indonesia. Perbuatan yang sia-sia / merugi saya kira.

  7. giti says:

    mau tahu jasanya barack obama kepada indonesia ?
    ibunya obama adalah agen CIA yang memanfaatkan status sebagai ilmuwan di bidang antropologi untuk melakukan riset di indonesia, tentu saja dengan juga tambahan memanfaatkan pernikahan dengan lelaki indonesia.
    hasil riset ibunya obama tentang indonesia & masyarakat indonesia menjadi bahan / data penting untuk USA & CIA-nya untuk menaklukan indonesia tanpa USA & CIA-nya harus memanfaatkan kekuatan militer …

  8. permana says:

    Apapun juga komentar kita semua yang pasti seorang murid SD kelahiran Amerika pernah bersekolah di Menteng dan anak tersebut telah menjadi Presiden Amerika Serikat.
    Mungkin ada pertanyaan : apa yang perlu dibanggakan?
    Masalah bukan apa yg dibanggakan.. masalahnya adalah pencitraan bagi penerus bangsa ini yaitu anak-anak dan bisa sebagai motivasi untuk kemajuan bangsa Indonesia.
    Saya rasa lebih baik membangun Patung Obama yang lebih besar lagi dari pada sia-sia membantu negara Palestina yang tidak jelas apa manfaatnya bagi negara ini. Terlalu biasa kita memberikan yang sia-sia sementara yang memberi motivasi untuk kemajuan bangsa tidak kita pikirkan. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri bagi negara ini dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia dapat menjadi kedamaian bagi dunia dengan kehadiran patung obama.
    Kita mestinya malu dengan diri kita sendiri.. uang pembuatan Patung Obama bukan dari APBN.. tapi untuk membantu Palestina trilyiunan kita berikan dengan percuma. Sungguh malu… dan malu sekali…banyak rakyat kita yang masih miskin saudara-saudaraku…. kita manfaatkan dana itu untuk membantu dan menyadarkan saudara-saudara kita yang lain. Selamatkan dana APBN kita dari pemanfaatkan yang sia-sia. APBN bukan untuk negara lain.. tapi untuk rakyat Indonesia…. tanpa alasan apapun juga… termasuk alasan solidaritas, alasan kemanusiaan atau apapun juga. Perekonomian negara ini morat-marit karena kita berbelas kasih tanpa alasan, akhirnya dana yang tersalurkan juga sia-sia, dan raib dimakan hantu korupsi. Kenapa kita terlalu permisih..karena kita sudah terlalu lama dijajah.
    Kita merasa sepenanggugan dengan Palestina.. sepenanggungan apanya..? Tak jelas… Palestina adalah saudara muslim kita… itu bukan alasan… yang jelas apakah ada keuntungan balik bila kita membantu Palestina, seberapa dana akan kembali… itu juga tidak jelas… yang jelas justru dana APBN menjadi dana sumbangan.. yang saya tahu untuk menyumbang kenapa kita harus berutang… APBN kita adalah pinjaman.. mau pakai apa kita kembalikan…

    Obama lebih berkepentingan dengan Indonesia.. karena sumber dana APBN merupakan bagian dari pinjamanan Bank Dunia dan inilah substansi-nya. Bukan meminta tapi kita minjam.. dan Amerika dengan Presidennya Obama punya kepentingan disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s