Aktivis Anti-Apartheid Boikot 10 Perusahaan Pendukung Israel

Para aktivis anti-apartheid pro Palestina mengeluarkan 10 merek perusahaan yang selama ini secara langsung mendukung aktivitas rasis dan ilegal Israel. Aliansi aktivis yang tergabung dalam US Campaign for the Academic and Cultural Boycott of Israel (USACBI) mendesak seluruh bangsa merdeka dunia untuk berpikir ulang membeli produk2 dari 10 perusahaan ini menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

USACBI menyatakan bahwa ke-10 perusahaan ini secara langsung atau tak langsung mengambil untung dari pendirian tembok apartheid  di Gaza dan Tepi Barat, lantaran hanya ke-1o perusahaan itulah yang diizinkan masuk oleh otoritas Israel.

USACBI menuduh 10 kelompok usaha tersebut berkaitan langsung dengan penderitaan bangsa Palestina dengan mengeksploitasi buruh murah di Gaza dan Tepi Barat serta bekerja sama dengan Israel dalam membangun pemukiman ilegal Yahudi di wilayah Tepi Barat.

Ke-10 kelompok tersebut adalah perusahaan kosmetik AHAVA, industri tekstil Galil, perusahaan penyedap rasa Dorot Garlic and Herbs yang kesemuanya bermarkas di Israel.

Daftar perusahaan yang berbasis di AS adalah perusahaan telekomunikasi Motorola, pembuat chip komputer terbesar di dunia Intel Corps., perusahaan kosmetik dan perawatan kulit Estee Lauder, sejumlah merek dagang Sabra yang memproduksi makanan kaleng Mediteranea, dan perusahaan makanan Sara Lee.

Dua perusahaan lain adalah L’Oreal yang berurusan dengan produk kosmetik dan Victoria’s Secret yang memproduksi pakaian wanita.

USACBI menyatakan bahwa aksi boikot yang mereka lancarkan sejak akhir Desember 2007 silam, manakala pasukan Israel mulai menyerang Gaza, berhasil membuat penjualan produk ke-10 perusahaan tersebut merosot tajam di sejumlah negara, terutama di Eropa.

Bahkan, menurut pernyataan USACBI, beberapa anggota Knesset (parlemen Israel) dan lobi zionis di AS mendesak pemerintah AS dan Uni Eropa untuk membendung aksi boikot tersebut lantaran berdampak cukup besar bagi penjualan kesepuluh perusahaan di atas.

Advertisements

2 thoughts on “Aktivis Anti-Apartheid Boikot 10 Perusahaan Pendukung Israel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s