Apa yg “terbesar” menurutmu?

Seorang motivator berinisial TA mengirim pesan singkat kepada taman saya berinisial SA. Isinya adalah ucapan Imam Ali berikut ini: “Dosa terbesar adalah ketakutan. Rekreasi terbaik adalah bekerja. Musibah terbesar adalah keputusasaan. Keberanian terbesar adalah kesabaran. Guru terbaik adalah pengalaman. Misteri terbesar adalah kematian. Kehormatan terbesar adalah anak saleh. Sumbangan terbesar adalah berpartisipasi. Modal terbesar adalah kemandirian. Sebelum pekerjaan terbesar maka perlu rencana besar. Dan rencana besar hanya bisa disusun oleh orang2 berjiwa besar. Apabila seseorang berjiwa besar, maka raganya akan tenang dan ridla meski kelelahan fisik menyergapnya.” (Yang saya kasih garis bawah adalah bagian yang  kemungkinan besar bukan dari Imam Ali).

Tak mau kalah, SA menambahkan beberapa kalimat berikut ini: “Kekayaan adalah sahabat yg setia; kelegaan terbesar adalah pengertian dari keluarga; nasehat terbesar adalah ketakwaan; kekuasaan terbesar adalah kebijaksanaan; modal terbesar adalah keikhlasan; harapan terbesar adalah kesabaran; ilmu terbesar adalah waktu; pikiran terbesar adalah zikir dan tafakur; jalan terbesar adalah Ahlul Bait Nabi SAAW.”

Saya akhirnya terpancing ikut timpal2an sms “terbesar” ini: “Kebesaran terbesar adalah rendah hati; tekad terbesar adalah ketulusan; sarana hidup terbesar adalah ilmu; Tuhan terbesar adalah Allah; manusia terbesar adalah Baginda Nabi; pengikut terbaik adalah Ahlu Bait beliau yang suci; agama terbesar adalah Islam; mukjizat terbear adalah al-Qur’an; dan akhirnya kemenangan terbesar adalah bersabar di jalan yang benar.”

Nah, ada yang kira2 tertarik menambahkan???

4 thoughts on “Apa yg “terbesar” menurutmu?

  1. Badari says:

    “Tuhan terbesar adalah Allah”?! Memang, adakah Tuhan lain yg lebih kecil dari Allah?

    SA menulis, “Kekayaan adalah sahabat setia.” Kekayaan apa? Kekayaan harta? Benarkah? Kekayaan bisa jadi teman yg setia menghantui pikiran dgn ketakutan akan kehilangan kekuatan diri.

  2. platinum says:

    wah memori nih..kata-kata Imam Ali as yang paling atas itu dari jaman sekolah saya sudah pajang di depan meja belajar ( gara2 sering pindah keselip2 ilang, dulu judulnya 10 nasihat Sayidina Ali )- rekreasi terbesar adalah bekerja, bener banget tuh gara2 business trip bisa pergi kemana2….Musuh terbesar adalah hawa nafsu (diri sendiri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s